Cara Membuat Robot Line Follower Dengan PCB Kit Sudah Jadi

Sobat Robotics, apakah anda ingin membuat robot pengikut garis atau robot line follower/line tracer, tetapi kurang begitu paham dengan rangkaian elektronika atau bagaimana cara membuat rangkaian pada PCB-nya. Jangan khawatir deh.. apalagi untuk para pemula/newbie dibidang elektronika atau robotik, biasanya siswa SMA/SMK yang lagi seneng-senengnya utak-atik robot sederhana.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kita harus mempunyai keinginan atau niat yang kuat agar bisa dan mampu membuat robot line follower ibarat meraih mimpi supaya jadi kenyataan. Kemudian selanjutnya kita hanya mencari toko online atau forum facebook yang menjual komponen-komponen robot line follower, salah satunya LampungRobotika.Com yang menjual PCB robot line follower yang sudah jadi tinggal pakai saja, beli komponennya lalu disolder hanya dengan sedikit modifikasi anda bisa mendapatkan robot line follower yang mantap, cukup untuk mempelajari program dan pembuatanya.

PCB Sensor Line Follower Mutekla
PCB Master Line Follower Mutekla

PCB kit dari mutekla ini sudah dibundle dengan CD Programnya, jadi kita bisa explore koding program, sampai merubah menu yang ada didalamnya nggak perlu pusing mikirin syntax yang error terus softwarenya menggunakan CodeVision AVR, PCB kit ini kualitasnya juga bagus sudah dicetak mesin dan menggunakan silk layer warna biru dengan top layer sablon putih, harganya cukup murah kok hanya 350 ribuan saja sudah bonus cd program cavrnya, pdf panduan, video cara setting robot, dan software terkait ada dalam cd. (sekarang cetak pcb mahal gan harap maklum).

Untuk cara pembelianya silahkan kunjungi websitenya ya, selanjutnya untuk hasil jadinya bisa dilihat dalam video youtube dibawah ini:


juga video yang ini :



Berikut ini daftar komponen untuk membuat robot line follower dengan PCB kit Mutekla :

Untuk lebih jelasnya bisa chat dengan saya di fb : www.facebook.com/sudarltv
atau bisa BBM di 54BFA4CE, Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Membuat Robot Line Follower Dengan PCB Kit Sudah Jadi"

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
gan tolong kirimin layout nya ya
ini email saya :
kharismailham78@gmail.com
saya mau bljr membuatnya gan
mksh gan
wlaikum slam