Battery Mantap Untuk Robot Line Follower

Assalamualaikum... selamat pagi gan... semoga selalu sehat ditengah cuaca yang tidak menentu sekarang ini, sambil nyeruput kopi kok tidak sengaja lihat batere robot line follower di etalase eh jadi pengen posting deh, langsung saja gan artikel ini saya kasih judul Battery Mantap Untuk Robot Line Follower.
Batere yang biasa dipake buat LF Kita
Sebenarnya ini cuma pengalaman saya saja yang saya share mengenai Battery Mantap Untuk Robot Line Follower, mungkin jika agan-agan semua memiliki pemikiran dan pengalaman yang berbeda semoga bisa menambah referensi inilah uniknya kita share pengalaman supaya para pemula/newbie bisa mengambil langkah yang tepat dalam memilih batere untuk robot LF-nya..
Contoh batere ultrafire:
Batere yang dijual di Mutekla
Dalam setiap lomba robot contohnya line follower/line tracer baik microcontroller maupun analog pemilihan batere adalah yang paling menentukan karena dengan batere yang bagus maka robot akan bekerja sesuai yang diharapkan tentunya keawetannya oleh karena itu perlu kita pilih batere yang mantap. Umumnya robot LF banyak menggunakan batere Lippo dengan tegangan 7,4 volt biasanya 2 sel, dan 11,1 volt biasanya 3 sel dengan arus yang bervariasi antara 0,5 sampai 5 Ampere.

Contoh batere Lippo:
Batere Lippo berbagai ukuran

Seiring penggunaannya batere dengan Ampere rendah lebih cepat low atau habis jika dipakai berulang-ulang hal ini menjadi masalah tersendiri jika kita sedang mengikuti lomba, karena harus menyiapkan beberapa batere dan charger agar selalu siap sedia jika dibutuhkan, hal ini membuat saya penasaran dengan riset beberapa tipe batere dan yang menjadi kesimpulanya adalah saya lebih suka menggunakan batere Ultrafire 3,7 Volt 4 Ampere (satu batere) yang saya seri jadi jadi 7,4 volt, setelah dicoba benar saja meskipun beratnya bertambah tapi laju robot semakin kencang dibandingkan dengan batere lippo dengan ampere kecil, apalagi dipakai dari awal lomba sampe final belum habis-habis, apalagi jika dirakit 3 batere ultrafire robot jadi joss banget lajunya.

Soal harga batere ini menurut saya lebih murah gan kisaran Rp.35.000/Batere tergantung Ampere (coba mampir ke toko-toko online atau searching di google), emang sih kita harus rakit dulu sebelum dipasang di robot, ada kok cara pemasanganya seperti gambar dibawah ini:
Gambar dari http://ihsanelectro.blogspot.com/
Sekian dulu ya gan share artikel sederhana ini semoga bermanfaat. Oiya batere ini juga membuat performa robot SD Muhammadiyah Metro ini menjadi juara, padahal lawanya SMP dan SMA/SMK.


0 Response to "Battery Mantap Untuk Robot Line Follower"