Membuat Sendiri Sensor Pendeteksi Api/Flame Detector

Robot-ID.Com, Hai sobat roboters lagi garap project apa nih, yuk kita lihat bagaimana cara Membuat Sensor Pendeteksi Api/Flame Detector dengan bahan yang sederhana dan tentunya ada ditoko elektronik disekitar anda, Untuk membuat sebuah robot pemadam api pasti diperlukan adanya sensor yang dapat mendeteksi adanya titik api, namun bila kita membeli yang sudah jadi harganya terbilang masih mahal misalnya sensor api UV Tron dan TPA81.
Hasil akhir Sensor Pendeteksi Api/Flame Detector
Dalam rangkaian sensor ini kita hanya membutuhkan IC LM393 yang mudah anda dapatkan, untuk komponen pendeteksi api rangkaian ini menggunakan sebuah photo transistor. Sebelum kita membuat alatnya kita harus membuat layout PCBnya dulu agar mudah diprint atau dicetak PCB.

Berikut ini gambar rangkaian/skema Sensor Pendeteksi Api/Flame Detector :
Skema rangkaian Sensor api dengan IC LM393

Untuk perancangan PCB-nya saya menggunakan software diptrace, hanya dengan sedikit modifikasi kita bisa merancang alat ini dengan mudah.
Desain layout PCB pada software diptrace
Berikut saya lampirkan gambar layout PCB tampak atas dan tampak bawahnya.
Layout Desain PCB tampak atas

Layout Desain PCB tampak bawah

Untuk keperluan printout PCB anda bisa print layout PCB dibawah ini :
Layout Desain PCB tampak atas SIAP PRINT

Layout Desain PCB tampak bawah SIAP PRINT
Untuk hasil jadinya anda bisa liat gambar yang paling diatas, untuk hasil pengujian sensor ini bekerja sangat baik dapat mendeteksi api lilin atau korek api sejauh 30-40 cm dan andapun dapat memprogramnya dengan microcontroler atmega atau arduino.

Ada dua output sensor yang bisa anda pilih ada yang analog dan ada yang out digital disitu sudah disediakan pin OUTA untuk analog dan OUTD untuk digital. Jika kita menggunakan pin analog maka kita bisa menghubungkan pin tersebut ke pin ADC microcontroler atau arduino maka nilai ADC yang didapat sesuai dengan jauh atau dekatnya deteksi apinya, jika kita menggunakan pin digital kita tinggal setting nilai VR (trimpot) sejauh mana deteksi api yang akan disetting, misalnya kita bisa setting sejauh 15 cm maka akan ada out melalui pin digital.

Untuk percobaan kita juga bisa pasangkan driver relay 1 channel untuk menggerakan motor dc kipas, jadi apabila sensor mendeteksi adanya api maka kipas akan menyala dan memadamkan api.

Selamat mencoba semoga bermanfaat... untuk hasil testing dan video akan saya update dipostingan selanjutnya...
advertisements

0 Response to "Membuat Sendiri Sensor Pendeteksi Api/Flame Detector"