Cara Membuat Robot Sederhana Obstacle Avoider With Infrared Sensor

Robot-id.Com, Pengen buat robot sederhana tapi bingung mau mulai dari mana? nggak usah sedih deh.. walaupun masih newbie atau masih belajar ya no problem yang penting masih ada niat yang kuat untuk bisa move on, karena kalo tidak mulai dari sekarang ya tidak akan maju, seperti filosofi jerman saja haha...

Kali ini saya mau share tentang Cara Membuat Robot Sederhana Obstacle Avoider With Infrared Sensor, mudah-mudahan bisa menginpirasi anda semua.

Baiklah kita mulai dengan mencari inspirasi dulu, kita bisa searching atau browsing model-model robot yang akan dibuat ya tentunya kita tidak harus meniru atau menjiplak utuh hanya sekedar untuk contoh saja selanjutnya kita buat yang lebih bagus dan lengkap yang penting ada proses pelajaran dan ilmu yang kita dapatkan.

Saya tertarik dengan robot beroda dari robosavvy (bisa dilihat websitenya disini), jika dilihat rangkaiannya cukup simple dengan menggunakan microcontroller Atmega8 ditambah beberapa komponn tambahan akan menghasilkan suatu rangkaian robot yang lumayan bagus.

Sekali lagi ini hanya bahan referensi saja, kita bisa mulai dengan mendesain PCB-nya sendiri dengan menggunakan software Diptrace, Eagle, EWB, atau yang lainya terserah mana yang kita kuasai, tata letak komponennya pun bisa kita atur tidak mesti sama yang penting kita tau skema rangkaianya. Sebelum skema rangkaian kita bisa lihat dulu tampilan robot buatan robosavvy ini.
Robot buatan robosavvy

Berikut ini gambar skema robot diatas:
Skema rangkaian robot by robosavvy

Untuk daftar komponennya bisa dilihat dalam gambar dibawah ini:
Daftar Komponen Robot

Hasil jadi PCB-nya gini nih, keren juga ya:
PCB jadinya gini

Biar lebih jelas ini yang dikasih keterangan :
PCB dengan keterangan komponen

Untuk pemrogramannya kita bisa menggunakan software AVR Studio, berikut ini program untuk mengetes sensor limit switch-nya:
Bumper test program
Test program turn left-right
Pemasangan kabel koneksi sensor dan motor
Sekian dulu gan share dari saya, untuk lebih jelasnya bisa baca manual booknya bisa dilihat DISINI.
Semoga bermanfaat, saya sedang membuat PCB yang simple dan bagus, ditunggu saja updatenya ya...

0 Response to "Cara Membuat Robot Sederhana Obstacle Avoider With Infrared Sensor"