Cara Membuat Robot Light Following Dengan Arduino

Robot-ID.com, Salam semangat sobat, kali ini robot-ID mau share bagaimana cara membuat robot pengikut cahaya atau light following robot dengan menggunakan bahan atau komponen yang mudah didapatkan apalagi yang hobi beli komponen di toko online pasti gampang mendapatkan bahan-bahan robotnya.

Robot dari instructables ini akan menggunakan tiga photoresistors (light dependent resistor) dan Arduino untuk mengontrol gerakan robot. Chasis robot yang ada dipasaran bisa kita gunakan dan sensor cahaya akan dipasang di sisi kiri, sisi kanan dan depan robot. Ketika cahaya intensitas yang cukup jatuh pada sensor, robot tersebut akan merespon dengan berbelok ke kiri, kanan atau mengubah gerak maju, sesuai dengan lokasi dari sensor yang diaktifkan.

Persiapan dalam membuat rangka robot seperti gambar yang ada dibawah ini, setiap chassis umum dapat digunakan untuk robot ini dan kami merekomendasikan menggunakan chassis robot Arexx. Chassis ini memiliki dek atas yang agak kecil, sehingga bisa dipasang papan pcb yang besar.  

Butuh Aplikasi android tentang Robot Light Follower Analog, Instal aja langsung DISINI atau klik DOWNLOAD APLIKASI

Robot LFR dengan Arduino
Robot LFR dengan Arduino
Masukan empat spacer berukuran 3 cm pada lubang yang ada di dek bawah chassis, dan kemudian posisi papan pcb bolong di atas spacer untuk membentuk dek atas kemudian pcb bisa kita bor atau dilubangi agar dapat digunakan untuk memasang sensor maupun rangkaian elektronik lain. Platform ini dapat digunakan kembali dengan sensor lain dalam proyek-proyek robot berikutnya.

Pembuatan chasis robot

Perakitan komponen robot pada arduino
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat list komponen yang diperlukan dibawah ini :
3x LDR (bisa yang kecil atau yg besar)
3x 250K trimpot biru (potentiometers)
3x Three pin sensor cables
1x UNO or compatible Arduino board
1x DFRobot motor shield
1x Arduino proto shield
1x Robot Chassis
2x 4”x6” Proto boards
16x Spacers
1x 6AA battery holder
1x 9V battery holder with barrel plug
20x male and female headers

Untuk listing program yang akan diupload ke arduino uno, bisa anda lihat dan pelajari silahkan anda unduh seperlunya DISINI. File sudah berupa project arduino (.ino).

Untuk percobaan hasilnya ayo coba kita lihat aksinya dalam video dibawah ini :



0 Response to "Cara Membuat Robot Light Following Dengan Arduino"