Cara Membuat Voice Activation Dengan Arduino Dan Bluetooth HC-05 Via Android Smartphone

Robot-ID.Com, Smartphone android sekarang ini menjadi primadona bagi para penggunanya, dimana didalamnya ditanam berbagai aplikasi mulai dari games, office, bahkan aplikasi unik lain yang bisa kita gabungkan dengan perangkat device lain, seperti wireless, bluetooth, dan lain-lain.

Kali ini admin mau share bagaimana Cara Membuat Voice Activation Dengan Arduino Dan Bluetooth HC-05 Via Android Smartphone, maksudnya kita bisa menyalakan beberapa lampu (dalam hal ini Led) tau bisa juga kita buatkan rangkaian pengendali relay agar bisa menghidupkan lampu atau perangkat listrik yang lebih besar tegangannya.

Komponen utama yang kita butuhkan adalah arduino uno (bisa juga tipe lain), bluetooth HC-05 yang sudah banyak dijual di online store serta sebuah android smartphone yang sudah diinstal aplikasi Android Meets Robot Voice yang bisa anda unduh di playstore.

Sound Activation with Android
Sound Activation with Android

Cara kerja alat ini adalah menghubungkan bluetooth dengan aplikasi Android Meets Robot Voice, kemudian jika kita ingin menghidupkan perangkat kita tinggal sebutkan kata yang sudah diketikan didalam program arduino, misalnya : TV On, TV Off, Led On, Led Off, bisa juga All On atau All Off. Cukup mudah bukan!.

Komponen yang dibutuhkan

Bluetooth HC-05
Bluetooth HC-05

Namun sebelumnya kita harus rakit dulu PCB bluetootnya agar kita mudah merangkainya kedalam papan breadboard. Lihat Gambar dibawah ini :

Perakitan Modul Bluetooth

Setelah modul bluetooth selesai kita rakit kedalam papan breadboard, lihat gambar dibawah ini :

Pemasangan kabel pada arduino
Simulasi dengan LED
Untuk kode programnya bisa anda unduh FILE arduinonya DISINI.
Untuk Download Aplikasi Android disini : Android Meets Robot Voice

Untuk hasil kerja alat ini bisa anda lihat dalam video dibawah ini : SELAMAT MENCOBA.

1 Response to "Cara Membuat Voice Activation Dengan Arduino Dan Bluetooth HC-05 Via Android Smartphone"

Unknown mengatakan...

hello, selamat pagi....
saya tengah membuat projek akhir menggunakan HC-06 yang disambung kan kepada PIR motion sensor, boleh kah sir memberi tunjuk ajar kepada saya untuk membuat sambungan pir sensor ke HC-06...? projek akhir semester saya juga menggunakan tablet yang menerima signal melalui HC-06..saya berharap agar sir dapat membalas komen saya secepat mungkin...saya amat hargai pertolongan dr sir, terima kasih.