Cara Membuat Digital Power Supply Variable Serba Guna

Robot-ID.Com, Dalam berbagai rangkaian elektronika catu daya atau power supply tegangan memang menjadi alat utama dalam mencoba suatu rangkaian terlebih kebutuhan akan variasi tegangan juga penting karena tiap rangkaian membutuhkan tegangan yang berbeda-beda, yang paling sering digunakan adalah 3, 5, 6, 9, dan 12 Volt.

Power supply dengan sistem switch memang menjadi pilihan sesuai dengan output sekunder pada trafonya, namun jika sudah diberi rangkaian penyearah dengan dioda dan kapasitor tentunya tegangan yang dihasilkan akan lebih beberapa volt walaupun masih dalam batas wajar.
Cara Membuat Digital Power Supply Variable Serba Guna
Cara Membuat Digital Power Supply Variable Serba Guna
Untuk rangkaian yang membutuhkan tegangan dengan nilai yang tepat misalnya modul GSM SIM500 yang harus disupply dengan tegangan 3,7 Volt (kalo nggk salah ya) agar bisa bekerja dengan baik, karena bila diberi tegangan 5 Volt modul tidak dapat bekerja dan tidak merespon, untuk itu perlu ketepatan dalam memberikan tegangan masukan.

Kali ini saya iseng-iseng berhadiah nih mumpung ada waktu longgar baru pulang lomba di Jogja, mau membuat Digital Power Supply Variable Serba Guna dengan menambahkan Voltmeter DC Digital agar hasil tegangan bisa langsung terlihat outputnya.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :
1 Unit Trafo engkel (terserah mau berapa ampere) saya pakai 1 ampere
1 Unit PCB Power supply variabel LM317 yang sudah jadi (tinggal solder saja)
1 Unit Saklar on/off
1 Unit Digital Voltmeter DC (Harga 50rb)
1 Unit Kabel Power AC 220V
4 Unit Dioda 1N5408
1 Unit Elco 4700uf
1 Unit Elco 2200uf
1 Unit Potensio 50K
1 Unit IC LM317 + Heatsink
2 Unit TR 3055 + Heatsink
2 Unit Resistor 5WR1J
dan sedikit komponen lainya, bisa juga dipasang di akrilik atau dalam box power supply.
Power supply tampak atas
Setelah selesai semua dirakit, saatnya melakukan ujicoba output, hasil yang terlihat di layar voltmeter sama dengan hasil menggunakan multimeter, saya mengukur tegangan 12,3Volt pada layar sama nilainya 12,3Volt pada multimeter, jadi PCB Power supply ini memang joss tenan kualitasnya.

Dengan modul power supply ini saya jadi mudah melakukan eksperimen tegangan, terlebih menggunakan projectboard walaupun sumber tegangan yang dibutuhkan bervariasi saya tetep nyaman bereksplorasi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

4 Responses to "Cara Membuat Digital Power Supply Variable Serba Guna"

Unknown mengatakan...

Rangkaian nya ada ngak?

Unknown mengatakan...

Skemanya kok gak ada ?

Unknown mengatakan...

gan beli pcb yg udah jadinya di mana ya...?

giant mengatakan...

bagi skemanya gan...