Cara Membuat Roda Robot Dari Tutup Botol Bekas

Robot-ID.Com, Membuat sebuah robot dari barang-barang yang tak terpakai merupakan tantangan tersendiri bagi kita, supaya tidak menghabiskan dana yang besar untuk itu kita perlu memanfaatkan barang bekas yang dapat kita gunakan untuk roda robot.

Tutub botol minuman yang sering kita buang ternyata bisa kita manfaatkan untuk roda/wheels robot, terutama untuk robot sederhana dan robot low cost tentunya hal ini sangat berarti. Bagi para pemula cara ini sangat ampuh untuk membantu anda mencoba membuat sendiri roda robot dengan biaya yang minim. Anda tidak perlu lagi membeli roda robot yang lumayan mahal, tentunya dikondisikan dengan fungsi robot yang akan kita buat, memang dibuat untuk lomba atau sekedar hanya untuk fun saja.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roda robot ini adalah dua buah motor dc, dua buah tutup botol ukuran agak besar, karet gelang (lebih bagus karet bet tenis meja), lem bakar, jarum atau paku kecil, dan ballpoint untuk melubangi tutup botol.

Roda Robot dari tutup botol bekas
Roda Robot dari tutup botol bekas

Berikut ini step by step cara membuat roda robot dari tutup botol bekas :

Siapkan bahan yang akan kita buat

Lubangi tutup botol dengan jarum atau paku kecil pada bagian tengah tutup botol

Tutup botol yang sudah dilubangi

Tekan dengan ujung ballpoint agar lubang agak besar

Jika sudah sesuai masukan poros motor pada tutup botol

Beri lem bakar pada ujung poros motor dan sekitar lubang tutup botol

Jika sudah selesai beri karet gelang pada seluruh lingkaran luar tutup botol

Untuk mendapatkan hasil roda yang bagus, kita bisa mengganti karet gelang dengan menggunting sedikit karet bet tenis meja kemudian lem pada seluruh lingkaran tutup botol dengan lem alteco, dengan cara ini kita bisa membuat sendiri roda robot yang bagus dan berkualitas baik. Selamat Mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Roda Robot Dari Tutup Botol Bekas"