Cara Deteksi Kode Remote Infrared Dengan Arduino

Robot-ID.Com, Bagi anda yang sedang membuat berbagai aplikasi kontrol elektronik dengan menggunakan modul infrared atau infra merah, terkadang mentok di penggunaan remote kontrol yang digunakan, namun dengan metode ini anda tidak akan kesulitan lagi, anda pun bisa menggunakan berbagai jenis remote control apa saja, mulai dari remote TV, CD/DVD Player, remote mp3, remote AC, dan remote lainnya yang penting bisa dan compatible dengan infrared penerimanya.

Alat yang perlu digunakan dalam deteksi remote ini adalah sebagai berikut :

  • Arduino Uno R3 atau tipe lain
  • Modul Infrared
  • Remote (saya pake remote mp3)
  • Papan breadboard
  • Kabel jumper male to male secukupnya.
Untuk penyambungan rangkaianya bisa anda lihat gambar dibawah ini :
Cara Deteksi Kode Remote Infrared Dengan Arduino
Pemasangan kabel pada arduino

Sebelum memulai project ini kita harus mendownload dan menaruh library IR Remote kedalam library arduino, karena library IR remote belum tersedia, yang terpenting adalah file dengan extensi C++, jangan bingung anda bisa mendownloadnya Disini.
Copykan file kedalam library arduino di drive C

Setelah itu mari kita buka skets arduino, kemudian pilih open file, nah file program arduino yang akan kita gunakan bisa anda download Disini, jadi anda tidak perlu lagi mencari kode programnya.
Mendeteksi remote infrared dengan serial mpnitor
Setelah semua terpasang dan program berjalan kita bisa mulai mendeteksi kode masing-masing tombol dengan tampilan serial monitor pada skets arduino, tekan salah satu tombol kemudian catat kode yang dihasilkan di serial monitornya, jangan lupa juga mencatat tombol apa yang ditekan agar kita mudah dalam penerapanya nanti.

Setelah kode kita dapatkan kita bisa menerapkan kode tersebut ke berbagai aplikasi, bisa pake microcontroller juga bisa pake arduino yang terpenting kode dari tombol remotenya sudah terdeteksi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Deteksi Kode Remote Infrared Dengan Arduino"