Membuat Driver Relay Dengan Mudah Dan Sederhana

Robot-ID.Com, Ada kalanya ketika kita membuat sebuah alat/aplikasi elektronika kita membutuhkan piranti yang langsung bersentuhan dengan tegangan AC 220V, tentunya kita membutuhkan sebuah rangkaian driver relay. Untuk percobaan saya hanya akan membuat satu channel driver relay saja, jika anda membutuhkan dua atau empat channel driver relay silahkan bisa anda paralel atau buat beberapa sesuai keinginan anda.
Driver Relay 1 Channel Project

Rangkaian driver relay dengan 1 transistor
Pada dasarnya rangkaian driver relay bisa kita buat hanya dengan sebuah transistor NPN namun untuk hasil yang lebih bagus lagi kita bisa menggunakan optocopler agar tidak ada feedback yang mengganggu kerja rangkaian.
Desain diver relay 1 channel dengan software diptrace
Berikut ini saya akan mengulas bagaimana cara membuat driver relay sederhana namun dengan hasil yang cukup memuaskan, sebelumnya kita harus membuat desain pcb agar hasilnya bisa kita print dan bisa langsung kita terapkan ke PCB.
Hasil preview pcb tampak atas
Hasil preview pcb tampak bawah
Dari gambar diatas kita susun komponen sesuai dengan ukuran pcbnya kali ini saya hanya menambahkan dua led warna merah sebagai indikator power dan led warna hijau sebagai indikator relay on. Untuk output pin relay saya gunakan header baut 3 pin untuk koneksi ke tegangan AC.

Jika anda berminat untuk membuatnya silahkan anda save gambar PCB dibawah ini anda bisa langsung print ke kertas transfer pcb dan anda bisa buat dengan metode setrika juga bisa.
Desain pcb driver relay 1 channel tampak atas siap print (sudah di mirror)
Desain pcb driver relay 1 channel tampak bawah siap print 
Jika anda bingung bagaimana cara print pcbnya anda bisa lihat caranya dengan play video saya sebelumnya :

Berikut ini hasil jadi rangkaian driver relay 1 channel yang sudah saya buat, dan setelah diuji coba hasilnya lumayan memuaskan, tentunya kita bisa pakai untuk latihan project arduino ataupun untuk alat elektronika yang lainya.
Hasil PCB yang sudah jadi (table-nya malah nggk ke print)

4 Responses to "Membuat Driver Relay Dengan Mudah Dan Sederhana"

Unknown mengatakan...

Cara membuatnya di Diptrace gmna om ? Sy mau buat pke diptrace tp bngung milih komponennya

zickkeen mengatakan...

ini yang low level triger apa yang high level triger gan?

zickkeen mengatakan...

ini low lvl triger apa yg high lvl triger

Sunanpegaron mengatakan...

alat ini untuk apa