Aplikasi Android Tutorial Robot Avoider Arduino, Mudah dan Lengkap

Robot-ID.Com, Bagi anda para pelajar atau yang masih pemula dibidang robotik dan sangat suka/hobi serta ingin belajar lebih lanjut tentang robot-robot sederhana yang diprogram menggunakan arduino yang mudah dimengerti dan bisa langsung dipraktekan silahkan anda lihat dan praktekan aplikasi tutorial ini sampai bisa membuatnya.

Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI

Pengertian dan Fungsi Robot Avoider

Robot Avoider adalah adalah robot yang mendektesi adanya benda atau halangan yang berada di depan robot. Robot akan mendektsi objek jika sensor robot terhalang, robot avoider ini akan terus berjalan jika tidak ada objek atau halangan, dan jika robot terhalang objek maka robot akan berbelok ke arah dimana robot tidak terdeksi objek atau halangan. Intinya Robot avoider adalah robot halang rintang.
Aplikasi Android Tutorial Robot Avoider Arduino, Mudah dan Lengkap
Komponen utama yang di gunakan oleh robot avoider adalah sensor ultrasonic HC SR04 yang berfungsi untuk mendektesi objek atau jarak suatu benda, Sensor ultrasonic ini mendektesi jarak objek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik 40 KHz selama 2 micro seccond, kemudian mendektesi pantulannya. 
Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI

Pada sensor ultrasonik, gelombang ultrasonik dibangkitkan melalui sebuah alat yang disebut dengan piezoelektrik dengan frekuensi tertentu. Piezoelektrik ini akan menghasilkan gelombang ultrasonik (umumnya berfrekuensi 40kHz) ketika sebuah osilator diterapkan pada benda tersebut. Secara umum, alat ini akan menembakkan gelombang ultrasonik menuju suatu area atau suatu target. Setelah gelombang menyentuh permukaan target, maka target akan memantulkan kembali gelombang tersebut. Gelombang pantulan dari target akan ditangkap oleh sensor, kemudian sensor menghitung selisih antara waktu pengiriman gelombang dan waktu gelombang pantul diterima.

Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI

Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI

Sensor HC-SR04 adalah versi low cost dari sensor ultrasonic PING buatan parallax. Perbedaaannya terletak pada pin yang digunakan. HC-SR04 menggunakan 4 pin sedangkan PING buatan parallax menggunakan 3 pin. Pada Sensor HC-SR04 pin trigger dan output diletakkan terpisah. Sedangkan jika menggunakan PING dari Parallax pin trigger dan output telah diset default menjadi satu jalur. Tidak ada perbedaaan signifikan dalam pengimplementasiannya. Jangkauan karak sensor lebih jauh dari PING buatan parllax, dimana jika ping buatan parllax mempunyai jarak jangkauan maksimal 350 cm sedangkan sensor HC-SR04 mempunyai hanya kisaran jangkauan maksimal 400-500cm.

Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI
Robot avoider biasanya digunakan sebagai dasar dalam pembuatan robot dengan arduino karena lebih mudah dan tidak banyak menggunakan komponen lain. Untuk para pemula jangan takut untuk mencoba membuat robot ini karena dengan aplikasi ini anda bisa langsung praktek dan membuat robot avoider sendiri. Selamat mencoba....

Instal aplikasinya sekarang juga klik INSTAL APLIKASI

0 Response to "Aplikasi Android Tutorial Robot Avoider Arduino, Mudah dan Lengkap"