Alat Deteksi Gerakan Dengan Sensor PIR dan Arduino

Robot-ID.Com, Penasaran dengan yang namanya sensor PIR, kebetulan kawan punya di box komponennya dengan semangat bersama @mrpujar kita membuat proyek kecil yaitu menghidupkan lampu dan kipas angin otomatis jika ada yang masuk ruangan dan akan mati otomatis jika tidak ada gerakan orang dalam ruangan selama beberapa menit tertentu.

Alhasil baru coba dites dengan arduino ternyata si sensor PIR ternyata rusak, yah jadi gagal deh percobaan kali ini. Lain waktu saya gregetan tuh jadi saya beli tuh sensor PIR tiga biji sekaligus di jogjarobotika yah murah aja kok cuma 40 ribuan.
Alat Deteksi Gerakan Dengan Sensor PIR dan Arduino
Tak lama kemudian si sensor PIR sama komponen lain yang dipesan akhirnya datang juga, langsung aja deh dipasang di alat kemaren dan hasilnya lampu tidak menyala jadi harus utak atik program arduinonya.

Akhirnya jadi juga nih Alat Deteksi Gerakan Dengan Sensor PIR dan Arduino sesuai dengan yang dinginkan, alat ini bisa juga kok dibuat beragam jenis alat yang dasarnya sensor PIR. Alat deteksi gerakan dengan sensor PIR dan Arduino, bisa dikembangkan untuk alat deteksi maling, alat wudhu atau kran otomatis untuk cuci tangan atau kran wudhu, on/off lampu, kipas, dan ac ruangan, dll.

Daftar komponen yang dibutuhkan :
1 unit arduino uno r3 compatible
1 unit modul driver relay 4 channel
1 unit sensor PIR module
1 Unit Lampu pijar 5 watt + fittingnya
1 unit Stop kontak ac untuk kipas angin
10 unit kabel jumper male to male
5 unit kabel jumper male to female
acrylic ukuran 18x18 cm ukuran 2 mm
4 unit Spicer 2 cm 
12 unit baut 3 mm

Berikut ini video hasil testing alat :

advertisements

1 Response to "Alat Deteksi Gerakan Dengan Sensor PIR dan Arduino"

Febri Arsyant mengatakan...

Sy mau coba ada tutorial cara buatnya gk gan?